Sabtu, 30 September 2017

jual baju toga wisuda di mimika

jual baju toga wisuda sd di mimika papua
MACAM MACAM TOGA PADA ZAMAN ROMAWI


Pada zaman romawi, ada beberapa macam toga, macam macam toga ini mempunya fungsi yang berbeda-beda yakni :
  1. Toga virilis (toga alba atau toga pura): Toga putih sederhana, untuk acara-acara resmi, dikenakan oleh kaum pria Romawi yang sudah mencapai usia legal(14 tahun – 18 tahun), tetapi dapat pula pada umur berapa saja semasih berusia belasan tahun. Tujuan dibuatnya toga jenis ini adalah untuk memperingati pria tersebut bahwa ia telah memasuki masa dewasa.
  2. Toga candida: "Toga cemerlang" toga yang diputihkan dengan kapur sehingga terlihat putih menyilaukan, toga ini dikenakan oleh para kandidat jabatan publik. Kebiasaan inilah yang disinggung oleh Persius ketika berbicara tentang cretata ambitio, "ambisi berkapur". Tampaknya kebiasaan ini dilarang melalui sebuah plebiscita (jajak pendapat) pada 432 SM, namun larangan tersebut tidak pernah dipaksakan.
  3. Toga praetexta: Toga putih biasa dengan garis lebar berwarna ungu sepanjang tepinya. Toga ini sering di kenakan oleh :
    1. Anak-anak lelaki yang terlahir medeka dan belum balig.
    2. Seluruh Magistratus Curulis.
    3. Para mantan Magistratus Curulis dan diktator, pada upacara pemakaman dan biasanya pada acara festival atau perayaan lainya
    4. Pada era kekaisaran, hak mengenakan toga praetexta kadangkala diberikan sebagai anugerah kehormatan tanpa memandang jabatan resmi si penerima hak.
e.    Orang-orang yang berhak mengenakan toga praetexta kadang-kadang dijuluki laticlavius, "punya garis ungu lebar". Nama toga ini juga menjadi sumber etimologis dari istilah sastra Romawi, praetexta.

jual baju toga di mamuju

  1. Toga picta: Toga ini, tidak seperti semua toga lainnya, tidak saja diwarnai namun juga dibordir dan diberi hiasan. Toga ini berwarna ungu gelap, dihiasi sulaman dari benang emas. Pada era repubrik, toga ini dikenakan oleh para jenderal dalam parade kemenangan mereka, dan oleh Praetor Urbanus tatkala berkendara dengan kereta para dewa ke dalam sirkus di Ludi Apollinares. Pada era kekaisaran, toga picta dikenakan oleh para magistratus dalam pertujukan gladiator untuk umum, dan oleh para konsul, serta kaisar pada kesempatan-kesempatan istimewa.

5.    Toga trabea: Menurut Servius, ada tiga macam trabea: yang pertama trabea ungu, diperuntukkan bagi dewa-dewa; yang kedua trabea ungu dan sedikit putih, bagi raja-raja; dan yang ketiga trabea dengan garis merah manyala dan tepian ungu, bagi para augur dan SaliiDionysius dari Halicarnassus mengatakan bahwa orang-orang dari kelas Equites juga mengenakannya, namun tidak ada bukti lain yang menguatkan pernyataannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar